James Bradley

220px-James_Bradley_by_Thomas_Hudson

A. Biodata singkat

Nama Lengkap : James Bradley
TTL : Maret 1693, Sherborne, nr Cheltenham, Gloucestershire, Inggris
Kebangsaan : Inggris
Bidang Keilmuan : Astronomi
Almamater : Balliol College, Oxford
Lembaga Mengajar : University of Oxford, Ashmolean Museum
Penemuan Terkenal : Aberasi Bintang, Fenomena Nutasi
Penghargaan : Copley Medal 1748
Meninggal : 13 Juli 1762 (69 tahun), Skiveralls House, Chalford, Gluocestershire, Inggris

B. Riwayat Hidup

Bradley lahir dari pasangan William Bradley dan Janet Pound pada bulan Maret tahun 1693 M. Dia adalah salah seorang astronom Inggris. Ia masuk Balliol College, Oxford , pada tanggal 15 Maret 1711, dan mengambil gelar BA dan MA masing-masing pada tahun 1714 dan 1717.

Pengamatan awal dibuat di Pastoran Wanstead di Essex, di bawah pengawasan James Pound , pamannya. Yang merupakan seorang pendeta sekaligus seorang astronom terampil. Pamannya pula yang memperkenalkan Bradley dengan Edmond Halley. Dan atas usul Edmond Halley, Bradley terpilih sebagai anggota Royal Society pada tanggal 6 November 1718.

Bradley mengambil pendidikan menjadi pendeta dari Bridstow di tahun berikutnya dan bekerja di Wales dan di sana pula ia mengenal Samuel Molyneux. Pada tahun 1721 ia mengundurkan diri dari jamaat keimamatannya dan dia diangkat menjadi guru besar astronomi di Oxford. Sejak 1729-1760 ia telah menyampaikan 79 mata kuliah di Museum Ashmolean.

Tahun 1722 Bradley mengukur diameter venus dan sejak saat itu hidupnya di curahkan untuk mengamati bintang.

Tahun 1728 Bradley bersama Samuel Molyneux mencoba untuk mengukur paralaks dari Draconis Gamma, yang kemudian menemukan adanya penyimpangan pada bintang. Pengamatan penyimpangan bintang pertama kali dilakukan di rumah Samuel Molyneux di Kew Green, dan dilanjutkan di rumah paman Bradley, James Pound di Wanstead, Essex. Setelah penemuan pertamanya dipublikasikan, Bradley selanjutnya meneliti penemuan besar keduanya, fenomena nutasi atau pergerakan poros bumi (angguk kepala sumbu bumi), tetapi ia tidak mengumumkan hal ini di media cetak hingga 14 Februari 1748 (Filipi Trans. xlv. I ). Pada 1742, Bradley ditunjuk untuk menggantikan Edmund Halley sebagai manus Royal.

Bradley pensiun dalam kondisi kesehatan yang memburuk, sembilan tahun kemudian, Bradley pergi ke desa Cotswold di Chalford di Gloucestershire , di mana kemudian ia meninggal di rumah sakit Skiveralls pada tanggal 13 Juli 1762.

C. Kontribusi dalam Sejarah Ilmu Pengetahuan

1. Aberasi (penyimpangan) pada Bintang

Bradley menemukan penyimpangan yang disebut Aberasi Bintang pada tahun 1728, yaitu bukti langsung pertama yang dapat diamati bahwa Bumi beredar mengelilingi Matahari. Penyimpangan bintang ditemukan oleh Bradley ketika mencoba untuk mendeteksi paralaks bintang Draconis Gamma.

02Gambar: skema penentuan jarak bintang dengan metode paralaks.

Paralaks bintang ini seharusnya muncul sebagai gerak siklus kecil tahunan dari posisi penampakan suatu bintang. Namun, Bradley dan Molyneux tidak menemukan gerakan jelas yang diharapkan karena paralaks, mereka malah menemukan gerakan yang berbeda dan tidak dapat dijelaskan sebagai siklus tahunan. Tak lama setelah kematian Molyneux itu, Bradley menyadari bahwa ini disebabkan oleh apa yang sekarang dikenal sebagai penyimpangan atau Aberasi.

Perhitungan menunjukkan bahwa jika memang ada gerakan yang cukup karena paralaks, maka bintang harus telah mencapai posisi paling selatan yang tampak jelas pada bulan Desember, dan paling utara posisinya jelas pada bulan Juni. Apa yang Bradley ditemukan bukan merupakan gerakan jelas yang mencapai titik paling selatan di bulan Maret, dan titik paling utara pada bulan September, dan itu tidak bisa dipertanggungjawabkan oleh paralaks: penyebab gerakan dengan pola benar-benar melihat pada awalnya tidak jelas.

Solusi untuk masalah itu akhirnya terpikir oleh Bradley saat ia berada di sebuah perahu berlayar di Sungai Thames. Dia menyadari bahwa ketika perahu berbalik, bendera kecil di bagian atas tiang berubah arah, meskipun angin tidak berubah, satu-satunya hal yang berubah adalah arah dan kecepatan perahu. Bradley berpikir akibat pengandaian bahwa arah dan kecepatan dari bumi dalam orbitnya, dikombinasikan dengan kecepatan yang konsisten cahaya dari bintang, dapat menyebabkan perubahan nyata dari posisi bintang yang ia amati.

Penemuan ini yang kemudian dikenal sebagai penyimpangan atau aberasi bintang, dan diumumkan ke Royal Society di Januari 1729 ( phil. Trans. xxxv. 637). Teori penyimpangan juga memberikan Bradley sarana untuk memperbaiki akurasi dari estimas sebelumnya mengenai kecepatan cahaya, sebesar 295.000 Km/s. Hanya sedikit lebih kecil dari nilai sebenarnya (299.792,4574 km/s).

Apa itu aberasi bintang? Untuk lebih memahaminya, bayangkan kita sedang berdiri ditengah-tengah hujan, dan air hujan jatuh tepat vertikal/tegak lurus kepala kita. Kalau kita menggunakan payung, maka muka & belakang kepala kita tidak akan terciprat air bukan? Kemudian kita mulai berjalan ke depan, perlahan-lahan & semakin cepat berjalan, maka seolah-olah air hujan yang tadi jatuh tadi, malah membelok dan menciprati muka kita. Untuk menghindari-nya maka kita cenderung mencondongkan payung ke muka. Sebetulnya air hujan itu tetap jatuh tegak lurus, tetapi karena kita bergerak relatif ke depan, maka efek yang terjadi adalah seolah-olah membelok dan menciprat ke muka kita. Demikian juga dengan fenomena aberasi bintang, sebetulnya posisi bintang selalu tetap pada suatu titik di langit, tetapi dari pengamatan astronomi, ditemukan bahwa posisi bintang mengalami pergeseran dari titik awalnya, pergeseran-nya tidak terlalu besar, tetapi cukup untuk menunjukkan bahwa memang sebenarnya lah bumi yang bergerak. Mari kita tinjau gambar berikut.

03

Aberasi terjadi jika pengamat adalah orang yang berdiri ditengah hujan, dan arah cahaya bintang adalah arah jatuhnya air hujan. Kemudian pengamat bergerak tegak ke muka, tegak lurus arah jatuhnya hujan. S menyatakan posisi bintang, E posisi pengamat di Bumi. Arah sebenarnya bintang relatif terhadap pengamat adalah ES, jaraknya tergantung pada laju cahaya. Kemudian Bumi bergerak pada arah EE’ dengan arah garis merepresentasikan lajunya. Ternyata pengamatan menunjukkan bahwa bintang berada pada garis ES’ alih-alih ES, dengan SS’ paralel & sama dengan EE’. Maka posisi tampak bintang bergeser dari posisi sebenarnya dengan sudut yang dibentuk antara SES’.Jika memang Bumi tidak bergerak, maka untuk setiap waktu, sudut SES’ adalah 0, tetapi ternyata sudut SES’ tidak nol. Ini adalah bukti yang pertama yang menyatakan bahwa memang Bumi bergerak.

04Gambar: Skema aberasi bintang yang ditemukan oleh Bradley.

2. Fenomena Nutasi atau pergerakan Poros Bumi
Penemuan Bradley mengenai pergerakan Poros Bumi semakin memperkuat penemuan ilmuan sebelumnya, seperti Copernicus dan Keppler. Mengenai perputaran bumi terhadap matahari. Jean Baptiste Joseph Delambre mengatakan, “ini adalah penemuan kedua James Bradley dan merupakan penemuan paling brilian dan bermanfaat di abad ini. Dan kita berhutang ketepatan astronomi padanya.”

Sumber contekan

  1. http://alambiologi.blogspot.com/2011/01/tokoh-sains-bradley-james.html
  2. http://astuty19.wordpress.com/2010/04/28/teori-heliosentris-dalam-pandangan-sains-quran/
  3. http://blendedlearning.itb.ac.id/web5/index.php.forum.detail.10445
  4. http://en.wikipedia.org/wiki/James_Bradley&prev=/search%3Fq%3Djames%2Bbradley%26hl%3Did%26biw%3D1152%26bih%3D737%26prmd%3Dimvnsob&sa=X&ei=cd9uUOC8NonLrQfqjYGgAw&ved=0CCAQ7gEwAA
  5. http://fahmi-onfire.blogspot.com/2012/01/beberapa-bukti-bumi-itu-berotasi.html
  6. http://id.shvoong.com/exact-sciences/physics/2105079-pengertian-aberasi/#ixzz28L0GPhwH
  7. http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_astronom#James_Bradley_.281693-1762.29
  8. http://langitselatan.com/2008/04/19/mari-mengenal-paralaks-bintang/
  9. http://langitselatan.com/2007/04/21/bagaimana-membuktikan-bahwa-bumi-mengelilingi-matahari-dan-bukan-sebaliknya/
  10. http://rikaadwi.blogspot.com/2012/12/james-bradley-frs-maret-1693-13-juli.html
  11. http://soerya.surabaya.go.id/AuP/e-DU.KONTEN/edukasi.net/SMA/Geografi/Planet.bumi/materi03.html
  12. http://tokoh-ilmuwan-penemu.blogspot.com/2009/10/ilmuwan-astronomi-dunia-barat.html
  13. http://www.conspiracyoflight.com/Esclangon/Aberration_and_Esclangon.html
  14. http://www.nndb.com/people/130/000102821/
Iklan

One thought on “James Bradley

setiap warga negara berhak mengeluarkan pendapatnya. Ayo gunakan Hak Anda dengan baik.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s