Sedang Berpikir

Aku sedang berpikir,
Bagaimana caranya menurunkan ketinggian langit?
Bagaimana caranya mendengar percakapan di langit?
Bagaimana caranya menghentikan matahari terbit?
Bagaimana caranya mencegah matahari terbenam?
Bagaimana caranya menolak kiriman cahaya dari radiasi matahari jika siang tiba?
Bagaimana caranya merukunkan matahari dengan bulan?
Bagaimana caranya purnama tanpa diiringi air pasang?
Bagaimana caranya menghentikan bumi berputar?
Bagaimana caranya menghentikan peredaran bumi terhadap matahari?
Bagaimana caranya supaya terciprat air tapi tidak basah?
Bagaimana caranya supaya seluruh air laut tidak asin?
Bagaimana caranya haus terbayar tanpa minum?
Bagaimana caranya lapar terbayar tanpa makan?
Bagaimana caranya lelah hilang tanpa istirahat?

Dan aku sedang berpikir,
Bagaimana caranya menjadi individu utuh, tanpa peduli dengan komponen pembentuknya?
Bagaimana caranya berada dalam populasi, sementara aku tidak usah peduli dengan individu-individu pembentuknya?
Bagaimana caranya berada dalam suatu komunitas, tanpa peduli dengan para populasi di sekelilingnya?
Bagaimana caranya tidak peduli pada para komunitas, sementara aku berada dalam suatu ekosistem?

Aku juga sedang berpikir,
Siapa yang bisa membantuku berpikir?
Siapa yang bisa memberiku jawaban, tanpa membuatku berpikir?

Akhirnya aku juga sedang berpikir,
Bagaimana jika aku tidak usah saja memikirkan semua pikiranku?

(setelah kerja bakti di Pondhok Luwes yang tercinta, Minggu 10 Februari 2013 at 07:21)

setiap warga negara berhak mengeluarkan pendapatnya. Ayo gunakan Hak Anda dengan baik.

