Aku Ingin Jadi Orang Biasa-Biasa Saja

Aku ingin jadi orang biasa-biasa saja,
Aku tidak ingin jadi orang kaya
yang memandang orang miskin tidak dengan matanya.
Aku tidak ingin jadi orang kaya yang berjalan tegak,
melangkah congkak di atas rajutan permadani nyanyian orang miskin.
Aku juga tidak ingin jadi orang kaya yang menabur harta dengan sedekah
Memperkaya diri dalam riya ibadah
Dan semakin kaya.

Aku ingin jadi orang biasa-biasa saja,
Aku tidak ingin menjadi orang miskin yang lemah,
Tersungkur menyembah tanah
Berharap ada hati yang tersentuh
Hidup dalam kepapaan, dalam desah belas kasihan orang-orang yang malang.
Dan semakin miskin.

Aku ingin jadi orang biasa-biasa saja,
Aku tidak ingin menjadi ustazah,
Guru ngaji, atau ahli ibadah.
Aku juga tidak ingin menjadi pendosa,
Bermandikan sepercik maksiat,
Berenang di kedalaman fatamorgana surga dunia,
Tenggelam dalam bayang-bayang nikmat dunia.

Aku ingin jadi orang biasa-biasa saja,
Aku tidak ingin jadi aktivis dakwah
yang berkokok dalam seruan pada kebaikan.
Laksana ayam jago di waktu fajar, hanya bising pada keriuhan untuk orang lain.
Sementara diri, kepala tegak bermahkotakan kesombongan
Merasa hebat dengan hijab yang lebar,
Merasa solehah dengan lantunan Quran dan hadits
Merasa tunduk, patuh dalam qiyamullail di malam-malam yang selalu diam menyaksikan
Sementara hati berselimut  selapis tipis kabut keangkuhan.
Merasa istimewa telah Allah pilihkan jalan setapak di bumi untuk berpijak.
Dan semakin angkuh.

Aku ingin jadi orang biasa-biasa saja,
Bukan orang kaya yang memiskinkan orang miskin,
Bukan juga orang miskin yang mengkayakan orang kaya.

Aku ingin jadi orang biasa-biasa saja,
Bukan orang kuat yang melemahkan orang lemah,
Bukan juga orang lemah yang menguatkan orang kuat.

Aku ingin jadi orang biasa-biasa saja,
Bukan orang pintar yang membodohi orang bodoh,
Bukan pula orang bodoh yang memintarkan orang pintar.

Aku ingin jadi orang biasa-biasa saja,
Bukan orang benar yang menyalahkan orang salah,
Bukan pula orang salah yang membenarkan orang benar.

Aku ingin jadi orang biasa-biasa saja,
Bukan orang takwa yang mengkafirkan orang kafir,
Bukan pula orang kafir yang mentakwakan orang takwa.

Aku ingin jadi orang biasa-biasa saja,
Bukan orang rajin yang memalaskan orang malas,
Bukan pula orang malas yang merajinkan orang rajin.

Aku ingin jadi orang biasa-biasa saja,
Bukan orang sukses yang menggagalkan orang gagal,
Bukan juga orang gagal yang mensukseskan orang sukses.

Aku ingin jadi orang biasa-biasa saja,
Bukan orang mulia yang menghinakan orang hina,
Bukan pula orang hina yang memuliakan orang mulia.

Aku tidak ingin menjadi orang hebat
Aku tidak ingin bersama orang hebat
Aku hanya ingin menjadi orang biasa-biasa saja
Aku hanya ingin bersama orang biasa-biasa saja
Yang penting di akhirat masuk surga.

 

(Palangka Raya, 02 Mei 2013 ketika di loopy telah menunjukkan waktu 00:02)

 

setiap warga negara berhak mengeluarkan pendapatnya. Ayo gunakan Hak Anda dengan baik.

