Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) II Keguruan (Closing)

*Ucapan teng kyu

alhamdulillah, setelah berbagai hal yang harus dilalui, harus dipikirkan, dan harus dilakukan, akhirnya tiba juga di masa penghujungnya PPL II ini. dalam kesempatan ini, aku mau memberikan sedikit apresiasi dengan mengabadikan mereka dalam ucapan terima kasihku.

yang pertama dan juga yang utama, aku mau ucapkan syukur dan terima kasih kepada Allah swt. yang tetap memberikan nikmat dan karuniaNya meskipun betapa sedikitnya aku berterima kasih kepadaNya.
Makasih, ya Allah…
Makasih udah memberikan waktu ke aku untuk PPL II di SMADA.
Makasih untuk kesempatannya.
Makasih sudah menempatkan Dewi PPL II di SMADA. Dan sudah membuatnya berpikiran bertukar denganku yang semula PPL II di SMP di deket rumahnya.
Makasih juga udah membuat bapak petugas di UP3L mengizinkan pertukaran ini.
Makasih juga untuk kesehatan dan keselamatan serta tenaga yang diberikan ke aku selama aku PPL II ini. Sehingga aku telah bisa menjalaninya.
Makasih masih menggratiskan oksigen untuk paru-paruku.
Makasih masih membukakan katup-katup dijantungku sehingga masih bisa berdetak.
Dan juga, makasih telah terus me-lash pipa-pipa darah dalam diriku sehingga tetap kuat. Makasih udah membuatnya tangguh, canggih,dan efisien lebih efisien dari mesin carnot, gesekkan antara dinding-dinding di pipa darahku dengan darah yang melaluinya tidak sampe membuat si pipa darah aus dan akhirnya bocor.
Makasih ya Allah, masih memberikan otak dengan daya tampung memori yang tak berhingga banyaknya.
Makasih untuk hati yang terus bisa merasa, untuk kulit yang terus bisa menyentuh, untuk lidah yang terus bisa mengencap. Mata yang terus bisa melihat. Telinga yang masih bisa mendengar.
Makasih untuk hidup yang telah diberikan ke aku, makasih untuk…, untuk.., untuk semuanya, pokoknya.
Makasih ya Allah…

Apresiasi untuk Mamahku.
Makasih Mah, makasih telah melahirkanku.
Makasih telah merawatku sampe gede, sampe kuliah hingga akirnya bisa juga aku merasakan yang namanya PPL II.
Makasih untuk air susu, belaian, segala pengorbanan, dan semuanya yang gak bisa aku sebutin satu-satu.
Makasih untuk kirimannya yang tiap bulan selalu datang (walau kadang telat-telat, heheheh…)
Makasih untuk semuanya, Mah…
Semoga suatu saat, Yuyun bisa membuat Mamah bangga baik dihadapan manusia maupun kelak di hadapan Allah swt., bangga telah mempunyai anak kaya Yuyun. Aamiin…

Apresiasi untuk kedua adikku, Uun kusumawati dan Rendi Bayu Irawan (Didot)
Kalian adalah sumber semangatku.
Kalian adalah reaktor-reaktor berdaya nukir kuadrat untuk lumbung semangatku.
Makasih sudah menjadi adik-adik yang nakal, bandel, badung, ngeyelan, dan nyebelin.
Sungguh, aku telah banyak kehilangan waktu bersama kalian.
Kehilangan waktu dengan masa-masa indah kalian.
Semoga kelak Allah akan memberikan gantinya dengan waktu-waktu yang lebih baik.

Apresiasi buat Bapak.
Aku rindu Bapak. Sangat rindu.
Bapak yang waktu aku masih SMA setia menjemputku dihari Sabtu, buat liburan dirumah. walau hujan badai. Bapak tetep datang.
Bapak yang tetap ngantarkan aku ke kos di hari Minggu sorenya, demi kelancaran sekolahku Seninnya. Aku rindu bapak. Bapak yang tangguh. Bapak yang hebat. Bapak yang setia. Bapak yang sabar menenin aku nunggu Candi Putra lewat tiap kali keberangkatanku ke Palangka Raya buat kuliah. Bapak yang rela malam-malam dengan gelap dan hujan yang sering kali terjadi, merayu motor ebreg-ebreg satu-satunya yang keluarga kita punya, untuk tetap jalan ke SP 2 demi menjemput aku yang liburan kuliah.
Aku kangen Bapakku.
Bapak, kemana Bapak selama ini. Ragamu tetap ada. Tapi jiwamu. Siapa yang telah menyewanya?

Apresiasiku juga kutujukan kepada guru-guruku dari TK sampe SMA. Baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Juga untuk pada dosen. Karena ini apresiasi dalam rangka PPL II, secara khusus apresiasi untuk bapak Dr. Komang Gde Suatika, M.Si selaku dosen pembimbing. Makasih Pak, atas bimbingannya. Makasih untuk petuah-petuah sakti bapak. sangat menjadi pelajaran yang berharga buat saya. Makasih juga untuk nilai-nilainya, apapun itu yang Bapak tuliskan untuk hasilnya nanti.

Untuk pimpinan beserta jajaran parlemen di SMADA.
Pak Nyoman selaku wakasek kurikulum, makasih sudah menerima aku dan teman-teman buat PPL II di SMADA. Makasih sudah membuatkan surat rekomendasi dari sekolah untuk saya dan juga teman-teman PPL II lainnya ujian.
Untuk Ibu Libria Tuty, S.Pd guru pamong aku. Makasih bimbingannya, Bu. Makasih atas segala kemudahan yang Ibu berikan. Maaf, karena Ibu terlalu baik sama saya, jadinya saya malah yang terlalu santai dengan kemudahan itu. untuk Ibu, saya doakan semoga Ibu melahirkannya lancar, diberikan kemudahan oleh Allah swt. sehat dan selamat Ibu dan bayinya.
Untuk Pak Rudy Hilkya H. E. U., S.Pd. M. Pd., guru pamong aku, gantinya Ibu Libri karena cuti melahirkan. Makasih Pak, sudah sangat membantu. Makasih sudah menularkan semangat mengajar. Makasih sudah menjadi salah satu inspirasi saya, salah satu azzam “kelak aku kalau ngajar Fisika mau nyontek gaya Pak Rudy…” yang menguatkan saya, kelak jika saya telah benar-benar menjadi guru. Makasih sudah membuat saya segera mengurus keperluan untuk segera selesainya PPL II saya.
Untuk ibu Badah, selaku Kepala SMADA, makasih sudah mau menandatangani surat rekomendasi buat saya dan teman-teman saya. Makasih sudah menandatangani segala berkas-berkas yang begitu banyak saya dan teman-teman sodorkan ke Ibu. Semoga ibu senantiasa diberikan kekuatan untuk menandatangi berkas-berkas teman-teman PPL II yang selanjutnya dan selanjutnya.

Untuk semua paman sopir angkot,yang pernah aku tumpangin angkotnya, makasih sudah setia mengantarin aku berangkat dan pulang dari SMADA. Makasih paman.

Untuk sepedaku, si Merah. Makasih sudah menemaniku selama PPL II ini. Makasih sudah bersusah payah menyangga berat badanku sepanjang perjalanan berangkat dan pulang SMADA selama PPL II. Aku bukannya tuli dengan jeritan kepayahanmu, yang selalu cekat-cekit tiap kali pedalnya ku kayuh, dan roda-rodanya memutar sepanjang jalan-jalan yang kita lalui. Maaf atas segala kesakitan yang kamu rasakan selama ini. Ntar kalo ada uang aku bawa kamu ke bengkel deh…

Buat Umi, makasih atas pinjaman motornya di awal-awal aku PPL II.

Untuk anak-anak X-8 makasih sudah mau belajar bersama saya. Makasih sudah menjadi siswa yang baik. Siswa yang bertongkrongan ngintip dijendela nonton kelas lain olahraga dihalaman, sedangkan saya di depan lagi memberikan latihan buat kalian. hehehehe….
Buat Dipa, makasih sudah setia membawakan LCD tiap pelajaran saya.
Buat Andre, makasih udah selalu bawakan kabel buat pelajaran saya.
buat Noko makasih udah mau tenang selama belajar sama saya. Saking tenangnya sampe gak kedenger suaranya sedikitpun. Saking tenangnya sampe tidak bergerak sedikitpun. Tidak untuk memperhatikan, tidak untuk latihan, tidak untuk mengerti pelajaran. Bener-bener murid yang tenang.
Buat Biaz, Eko, Fresh, buat Gilbert, buat Rima, Willy, Latif, Andis, Magat, Dani (Dani Wijaya), Fenny (maaf pernah menyangka namamu sebagai nama cowok, pas ketemu orangnya, kaget juga, imut banget ternyata. Heheheh…), Benny, buat spidol, buat papan tulis, buat AC, dan buat semua penghuni X-8 pokoknya yang gak kesebut satu-satu, makasih atas kesediaan kalian belajar dengan saya. Makasih telah mendukung pembelajaran dengan saya. Saya tahu kalian jenuh, bosen dengan metode mengajar saya belum baik kaya guru asli kalian, Setidaknya makasih sudah memberikan perhatian (_beberapa siswa kadang-kadang_) untuk pembelajaran yang saya bawakan. Apapun yang kalian lakukan ke saya, setidaknya kelas kalian yang terbaiklah yang saya ajar selama PPL II. Sehingga saya memberanikan memberikan kesempatan kepada dosen saya buat observasi di kelas kalian.

Untuk kelas X-7. Saya berikan apresiasi juga. Setinggi-tingginya sampai tidak terjapai. Sedalam-dalamnya sampai tidak tergali.
Kepada sebagian besar penghuni X-7 makasih untuk setiap moment seru yang kalian ciptakan selama saya ngajar. Makasih, untuk beberapa mimpi yang kalian ciptakan di jam saya. Makasih sudah sangat heboh dikelas selama sama saya. Makasih sudah memberikan pengalaman luar biasa kepada saya selama saya PPL II. Maksih sudah membuat saya merasakan bagaimana rasanya menjadi tipi jadul. (_Ada gambarnya doank, bergerak. Tapi gak ada suaranya…_) Makasih sudah membuat saya berlatih pantomim selama saya masuk kelas kalian.
Dengan semua, saya jadi belajar mengasah kesabaran saya. Saya juga bertekad kepada murid asli saya kelak, saya sudah memiliki jurus pamungkas menghadapi mereka. (-jika mereka heboh seperti kalian. hehehe…-)Sayang jurus saya untuk edisi mendatang, jadi bukan untuk kalian. bersama kalian benar-benar melatih kesabaran.

Kepada sebagian besar siswa X-7 juga kepada beberapa, sebagian kecil siswa X-8. Saya mau bilang, bahwa di dunia ini ada hubungan sebab-akibat. siapa menanam, dia akan memanen. suatu saat kalian akan menikmati panen dari apa yang kalian lakukan sekarang.

Di X-7 ada mutiara-mutiara yang kasat mata. Mereka tetep belajar, mereka tetep bertahan dalam gegap gempitanya kelas. Mereka berusaha memahami dalam kebisuan pantomim saya. Mereka salah satunya adalah Memel, Alfia, Roy, Tari, Lutfi, Rajamia, Alven, dan kalian-kalian yang tidak tersebutkan namanya tapi aku tahu, Tuhan tahu, dan malaikat telah mencatat kalian-kalian mutira-mutiara kasat mata di X-7. Dan untuk Carolina, makasih bonekanya. Unyu, kaya kamu…

Di X-7 ada mutiara-mutiara, dan di X-8 ada keteduhan, ada gairah buat belajar. Buat menjadi yang terbaik. Dua-duanya unik. Dua-duanya memberikan pelajaran berharga ke aku.
Makasih buat kalian. sangat terimakasih.

Sebagai bonus, untuk siapapun. Untuk adek-adek tingkat aku bakal PPL II. aku sertakan contoh laporan PPL II. supaya tidak kelabakan, tidak bingung, tidak kalang kabut gak tahu kaya apa formatnya, (_kaya aku_), kelak ketika diminta membuat laporan di akhir PPL II.

 

Laporan PPL II SMADA P. Raya

 

(Juni 2013)

Iklan

setiap warga negara berhak mengeluarkan pendapatnya. Ayo gunakan Hak Anda dengan baik.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s